Kegiatan Kunjungan Dinas : Kerjasama Dinas Pertanian Kabupaten Banyumas Dengan TNI Sebagai Upaya Terciptanya Swasembada Pangan.

Kerjasama Dinas Pertanian Kabupaten Banyumas Dengan TNI Sebagai Upaya Terciptanya Swasembada Pangan.

BANYUMAS- Pertanian merupakan sektor yang sangat penting dan vital bagi masyarakat Indonesia, oleh sebab itu perlu adanya koordinasi antara masyarakat dan juga instansi pemerintahan, salah satunya yaitu mulai dilakukannya kerjasama antara Dinas Pertanian dengan TNI. Kegiatan ini dalam upaya menyukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan Pemerintah Pusat, jajaran TNI AD. Kegiatan ini sekaligus mendukung pemantapan sasaran intensfikasi pertanian tahun 2015 yang juga dicanangkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Banyumas.
Menurut Bapak Warseno Kepala Bagian Pertanian Dinas Kab. Banyumas, saat ini kerjasama yang kami lakukan bersama dengan TNI yaitu adanya jasa semai dan tanam, dimana ini merupakanprogram lewat dinas bekerjasama dengan TNI. Saat ini merupakan era mekanisasi pertanian, dimana semua alat mekanisasi seperti traktor roda 4, alat tanam (Transplanter) dan Modifikasi alat pertanian (Combain), sudah diterapkan dilapang.
Sinergi dan saling dukung antara Dinas Pertanian dan Kodim dalam mewujudkan swasembada pangan perlu dilakukan, agar sumberdaya yang dimiliki kedua institusi ini dapat digunakan secara optimal. Namun demikian, leading sector kegiatan ini tetap berada di Dinas Pertanian.
Seperti halnya kegiatan yang dilakuakan Kodim 0701/Banyumas bersama-sama dengan warga masyarakat melaksananakan giat tanam padi di persawahan warga Desa Grendeng, Kecamatan Purwokerto Utara, Jumat (30/1). Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf M. Asep Apandi, S. IP, di dampingi Pasiter Kodim 0701/Banyumas, Danramil 01/Purwokerto Utara, Danramil 05/Sumbang, Danramil 25/Purwokerto Selatan beserta anggota terkait Kodim 0701/Banyumas akan menurunkan Babinsa langsung ke lapangan untuk membantu kesulitan petani,  sedangkan Dinas Pertanian akan menurunkan para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan tenaga teknis lainya utuk bersama-sama berdampingan dengan Babinsa di dalam pelaksanaan tugas.
Setelah tanam padi usai, Dandim 0701/Banyumas memberikan pengarahan kepada PPL yang hadir di situ. TNI, dalam hal ini Kodim 0701/Banyumas hanya mendorong dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat bersama PPL. TNI mempunyai kepentingan dalam terwujudnya swasembada pangan, karena keberhasilan dalam mewujudkan swasembada pangan akan dapat mendukung tercapainya ketahanan pangan menuju ketahanan nasional.
Sumber:
-          Kunjungan Bidang Eksternal HMPS Agroteknologi ke Dinas Pertanian Banyumas

-          http://www.tni.mil.id

0 komentar: